Daftar Blog Saya
SELAMAT DATANG DI BLOG TEGUH SURIYANTORO
Senin, 02 November 2020
Jumat, 02 Oktober 2020
Kamis, 27 Agustus 2020
SILABUS TEMA 1 KELAS 4 SD
SILABUS
SDN PEKOJAN 02 PETANG
KECAMATAN TAMBORA
KURIKULUM 2013
REVISI 2018
TEMATIK TERPADU
KELAS 4
SEMESTER 1
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
TAHUN 2020
SILABUS TEMATIK KELAS IV
Sekolah : SDN PEKOJAN 02 PETANG
Kelas/Semester : IV/1
Tema
1 : Indahnya Kebersamaan
Subtema 1 :
Keberagaman Budaya Bangsaku
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Mata |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
AW |
Sumber Belajar |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai
bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan. 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan. 4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman
suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan. |
1.4.1 Mengikuti berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan 2.4.1 Meyakini berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan 3.4.1 Menjelaskan rencana
kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
agama. 4.4.1 Membuat rencana kegiatan
yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama. |
Keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di
Indonesia ·
Bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan ·
Sikap toleransi antar
teman berbeda agama ·
Sikap kerjasama antar
teman berbeda agama ·
Bentuk kerjasama dalam
keberagaman · Bentuk-bentuk Keberagaman · Bentuk-bentuk kerja sama dalam permainan Persatuan dan kesatuan
bangsa ·
Makna
persatuan dan kesatuan dalam keberagaman ·
Pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam
keberagaman ·
Contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam
keberagaman di lingkungan |
• Membaca teks
tentang keberagaman suku bangsa, sosial, budaya, etnis dan agama • Membaca
teks/gambar/ tayangan tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia • Berdiskusi
tentang keragaman budaya, etnis dan agama dalam kelompok-kelompok kecil dan
mengkomunikasikan hasilnya di kelas • Menyajikan
informasi tentang keberagaman budaya dan etnis di Indonesia dalam bentuk
gambar |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama Jurnal: • Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di
sekolah maupun informasi dari orang lain Penilaian Diri: • Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap
peserta didik saat di rumah, dan di sekolah Pengetahuan Tes tertulis •Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar. •Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis. • Mencari informasi keanekaragaman sumber daya unggulan
daerah. •Mendemostrasikan sifat-sifat bunyi merambat. •Mendemostrasikan pentingnya persatuan dan kesatuan. •Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual. •Mengetahui sifat-sifat bunyi merambat. Keterampilan Praktik/Kinerja •Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi. •Melakukan gerakan tarian daerah (Bungong Jeumpa). •Menyajikan keberagaman yang terdapat di sekitar. •Menyajikan bentuk keberagaman sosial dan budaya |
24 JP |
· Buku Guru · Buku Siswa · Aplikasi Media SCI · Internet · Lingkungan |
Bahasa Indonesia |
3.1 Mencermati
gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis,
atau visual. 3.2
Mencermati keterhubungan antar
gagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. 4.1 Menata
informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke
dalam kerangka tulis. 4.2 Menyajikan
hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam
tulisan. |
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks tulis. 4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks tulis dalam bentuk diagram. |
Gagasan pokok dan gagasan pendukung ·
Teks tulis ·
Peta pikiran ·
Teks bacaan ·
Kerangka tulisan |
• Mendiskusikan penyusunan kerangka penulisan berdasarkan gagasan
pokok dan pendukung • Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang
dibaca |
|||
Ilmu
Pengetahuan Alam |
3.6 Menerapkan sifat-sifatbunyi dan
keterkaitannya dengan inderapendengaran. 4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan
dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.Indikator. |
3.6.1 Mendemonstrasikan sifatsifat bunyi merambat. 4.6.1 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang
sifat-sifat bunyi merambat. |
Bunyi ·
Sifat-sifat bunyi ·
Syarat terjadinya
bunyi ·
Sumber bunyi ·
Cara menghasilkan bunyi ·
Telinga sebagai indera pendengar dan cara merawatnya |
• Menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan (dipukul,
ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb) serta berbagai alat yang
menunjukkan perambatan bunyi • Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi dari berbagai alat
musik dan perambatan bunyi • Melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat
menghasilkan bunyi dan perambatan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya |
|||
Ilmu
Pengetahuan Sosial |
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia, serta hubungannya dengan karakteristik ruang. 4.2 Menyajikan hasil identifikasi
mengenaikeragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi
setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengankarakteristik
ruang. |
3.2.1 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan
lisan 4.2.1 Mempresentasikan keragaman sosial dan budaya
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan
lisan. |
Keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan
agama ·
Di lingkungan sekitar ·
Di Provinsi setempat ·
Di Indonesia |
• Mengamati gambar dan mengidentifikasi keragaman budaya Indonesia • Berbagi cerita dengan teman tentang pengalaman saling menghargai
di lingkungan masyarakat sekitar |
|||
Seni Budaya dan Prakarya |
3.3 Memahami
dasar-dasar gerak tari daerah. 4.3 Meragakan
dasar-dasar gerak tari daerah. |
3.3.1 Mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari
Bungong Jeumpa. 4.3.1 Siswa mempraktikkan gerak dasar tari Bungong
Jeumpa dengan hitungan dari guru. |
Gerak tari kreasi daerah |
• Menari tarian daerah yang merupakan salah satu bentuk kecintaan
terhadap keberagaman budaya daerah |
Sekolah : SDN PEKOJAN 02 PETANG
Kelas/Semester : IV/1
Tema
1 :
Indahnya Kebersamaan
Subtema 2 : Kebersamaan
dan Keberagaman
Mata |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya. 1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku,
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru 2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku,
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman
suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan. 4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku,
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
1.1. Mematuhi ajaran agama yang
dianutnya 1.4.1 Mengikuti berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan 2.1. Menunjukan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru 2.4.1 Meyakini berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan 3.4.1 Menjelaskan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama 4.4.1 Menceritakan kegiatan yang
mencerminkan sikap kerja sama dalam keberaga agama |
·
Contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman ·
Bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman |
• Menyimak
teks/gambar/ paparan/video tentang sikap toleransi dan kerjasama dalam
keragaman suku, budaya, dan agama • Melakukan
diskusi kelompok tentang pentingnya kerjasama dalam keberagaman • Membaca teks
tentang toleransi dan kerjasama • Menceritakan
atau menuliskan pengalaman peserta didik tentang sikap toleransi yang pernah
dialaminya |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama Jurnal: • Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di
sekolah maupun informasi dari orang lain Penilaian Diri: • Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap
peserta didik saat di rumah, dan di sekolah Pengetahuan Tes tertulis • Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling
menghargai dalam keberagaman • Mengidentifikasi berbagai bentuk Keberagaman agama • Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman • Memahami keberagaman di Wilayah Sekitar Keterampilan Praktik/Kinerja • Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis • Melakukan percobaan tentang sumber bunyi dan proses
terjadinya bunyi • Melakukan percobaan tentang sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran. • Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis • Menceritakan perayaan hari besar agama • Melakukan gerak tarian daerah Bungong Jeumpa • Menceritakan pengalaman bekerja sama terikat
persatuan dan kesatuan • Meringkas teks tentantang “Perbedaan Bukanlah
Penghalang” |
24 JP |
· Buku Guru · Buku Siswa · Aplikasi Media SCI · Internet · Lingkungan |
Bahasa Indonesia |
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual. 3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang
didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. 4.1 Menata informasi yang didapat dari teks
berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis. 4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai
dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan. |
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks tulis untuk membuat ringkasan. 3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan
pendukung 4.1.1 Meringkas teks tulis berdasarkan gagasan
pokok dan gagasan pendukung berdasarkan teks tulis. 4.2.1 Menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung
dari teks yang dibaca |
·
Gagasan pokok dan gagasan pendukung |
• Membuat ringkasan dan peta pikiran dari teks tertulis terkait
sikap toleransi dan kerjasama dalam bentuk tulisan. |
|||
Ilmu
Pengetahuan Alam |
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran. 4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau
percobaan tentang sifat-sifat bunyi. |
3.6.1 Mengidentifikasi sumber bunyi. 4.6.1 Menyajikan laporan percobaan tentang sumber
bunyi. |
·
Sifat bunyi ·
Fungsi sifat bunyi ·
Indera pendengaran. ·
Sumber bunyi. |
• Menyimpulkan sifat-sifat bunyi dari beragam sumber bunyi secara
tertulis • Melakukan percobaan sederhana untuk membukti¬kan tentang asal
sumber bunyi hingga sampai ke telinga dan perambatan bunyi dalam medium
berbeda (benda padat, cair, dan gas), pemantulan dan penyerapan bunyi,
tinggi-rendah bunyi, dan keras-lemah bunyi |
|||
Ilmu
Pengetahuan Sosial |
3.2 Mengidentifikasi i keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan
agama di provinsisetempat sebagai identitas bangsa Indonesia. 4.2 Menyajikan keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia. |
3.2.1 Mempresentasikan keragaman budaya, etnis, dan
agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia 4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan
keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai
identitas bangsa Indonesia |
·
Bentuk keragaman sosial, budaya dan agama
setiap provinsi di Indonesia ·
Contoh sikap toleransi dan kerjasama antar
teman berbeda agama. |
• Membuat tulisan tentang keragaman budaya masyarakat setempat • Melakukan tanya jawab dengan tokoh masyarakat yang didatangkan ke
kelas tentang budaya masyarakat setempat |
|||
Seni Budaya dan Prakarya |
3.3 Memahami
dasar-dasar gerak tari daerah. 4.3 Meragakan
dasar-dasar gerak tari daerah. |
3.3.1 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk 4.3.1 Mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong
Jeumpa dalam posisi duduk. |
·
Dasar gerak tari |
• Melakukan gerak dasar tari kreasi daerah • Mengamati tari kreasi daerah melalui demonstrasi oleh guru atau
video |
Sekolah : SDN PEKOJAN 02 PETANG
Kelas/Semester : IV/1
Tema
1 :
Indahnya Kebersamaan
Subtema 3 : Bersyukur
Atas Keberagaman
Mata |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
1 Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya. 1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman
suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam
berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan. 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk
keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya
di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman
suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan |
1.1. Mematuhi ajaran agama yang dianutnya 1.4.1 Mengikuti berbagai bentuk keberagaman
suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan
kesatuan 2.1. Menunjukan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru. 2.4.1 Meyakini berbagai bentuk keberagaman suku,
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan 3.4.1 Menjelaskan bahwa keberagaman akan
.,memperkaya ketika bekerjasama. 4.4.1 Menceritakan pengalaman diri bekerjasama
dalam keberagaman. |
·
Contoh kerjasama dalam keberagaman ·
keberagaman
suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia |
• Mendiskusikan tentang
bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan • Menuliskan hasil diskusi tentang
bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan |
Sikap: • Jujur • Disiplin • Tanggung Jawab • Santun • Peduli • Percaya diri • Kerja Sama Jurnal: • Catatan pendidik tentang sikap peserta didik saat di sekolah maupun
informasi dari orang lain Penilaian Diri: • Peserta didik mengisi daftar cek tentang sikap peserta didik saat di
rumah, dan di sekolah Pengetahuan Tes tertulis •Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman. • Memahami gagasan pokok dan pendukung dari teks. • Memahami kerjasama bekerjasama dalam keberagaman. • Memahami gerak dasar tari Bungong Jeumpa • Memahami sifat bunyi memantul dan meyerap. Keterampilan Praktik/Kinerja •Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan. •Menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman. •Melakukan percobaan sifat bunyi memantul dan meyerap. •Melakukan gerak tarian daerah (Bongong Jeumpa). •Mempresentasikan keragaman sosial dan budaya. •Menceritakan sikap kerja sama dalam kehidupan sehari hari. • Meringkas teks lisan tentang Wedang Jahe. |
24 JP |
·
Buku Guru ·
Buku Siswa ·
Aplikasi Media SCI ·
Internet ·
Lingkungan |
Bahasa Indonesia |
3.1 Mencermati gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual 3.2 Mencermati keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. 4.1 Menata informasi yang
didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka
tulisan 4.2 Menyajikan hasil pengamatan
tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan. |
3.1.1 Menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan yang
dibacakan guru untuk membuat ringkasan. 3.2.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan
pendukung setiap paragraf dari teks lisan. 4.1.1 Meringkas
teks lisan berdasarkan cerita Wedang Jahe yang dibacakan guru. 4.2.1 Mempresentasikan gagasan utama dan gagasan
pendukung setiap paragraf dari teks
lisan dalam bentuk peta pikiran. |
·
Gagasan
pokok dan gagasan pendukun ·
Gagasan
utama dan gagasan pendukung dari teks ditulis dalam bentuk peta pikiran |
• Melakukan pendataan teman yang ada di
kelas, misalnya suku bangsa, agama, dan kebiasaan. • Membuat kliping tentang keragaman suku
bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia |
|||
Ilmu Pengetahuan
Alam |
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran. 4.6 Menyajikan laporan percobaan tentang
sifat-sifat bunyi. |
3.6.1 Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul
menyerap. 4.6.1 Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap. |
·
Sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap ·
sifat-sifat
bunyi. |
• Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil
diskusi tentang bagaimana indera pendengaran manusia bekerja dan bagaimana
manusia yang tidak memiliki indera pendengaran dapat berkomunikasi |
|||
Ilmu Pengetahuan
Sosial |
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. 4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik
ruang. |
3.2.1 Menyajikan informasi tentang keragaman
sosial, di provinsi setempat. 4.2.1 Menyajikan informasi tentang keragaman
sosial di provinsi setempat. |
·
Keragaman sosial setiap provinsi di Indonesia |
• Membaca teks tentang keragaman suku bangsa,
sosial, dan budaya yang ada di Indonesia • Menceritakan kembali teks tentang keragaman
suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia |
|||
Seni Budaya dan Prakarya |
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi
daerah. 4.3 Meragakan gerak tari kreasi
daerah. |
3.3.1 Menjelaskan dasardasar gerak tari Bungong
Jeumpa. 4.3.1 Menampilkan tari Bungong Jeumpa. |
·
Dasar-dasar gerak tari |
• Mengamati dan memperagakan tari kreasi
daerah dengan penuh penjiwaan |
Mengetahui Kepala Sekolah, SRI MULYONO, M.Pd NIP. 196305101984031005 |
Jakarta, 13 Juli 2020 Guru Kelas 4 TEGUH SURIYANTORO,
S.Pd |