Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SD JEMBATAN BESI 03 PAGI
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
· Mendengarkan :
memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda
· Menulis : menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak.
PKN
·
Memahami sikap demokratis
·
Menampilkan nilai-nilai
pancasila.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
· Menyampaikan pesan
pendek yang didengarkan kepada orang lain.
· Menceritakan kembali
cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menyalin puisi anak
dengan huruf tegak bersambung.
PKN
· Mengenal kegiatan
bermusyawarah
· Menghargai suara
terbanyak.
· Menampilkan sikap mau
menerima kekalahan.
· Mengenal nilai
kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
I. Tujuan
Pembelajaran**
PKN
· Memahami dan
membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
· Memahami dan
menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
· Membiasakan untuk
bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
· Merasakan manfaat
hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin,
lapang dada dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
· Memahami sebuah isi
pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain
baik lisan maupuntulisan.
· Menyalin kalimat
cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
· Membuat karangan
pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.Materi Pelajaran
PKN
· Musyawarah.
· Menghargai pendapat
orang lain dan hasilkeputusan bersama.
· Sikap lapang dada.
· Nilai-nilai
kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
· Menyampaikan pesan
pendek.
· Menyalin kalimat.
· Menulis karangan / puisi.
III. Metode Ajar ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
Demontasi
Penugasan
Kuis
Tanya jawab
PKN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pembiasaan
IV.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN). 5 x 35’
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F
Membaca do’a dan mengabsen siswa, merapihkan
tempat duduk.
F Menginformasikan
materi yang akan disampaikan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membacakan cerita yang bertemakan musyawarah kemudian menceritakan secara
global.
F
Guru mendiktekan isi pesan.
F
Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang
didiktekan guru.
F
Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan guru
dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
F
Guru memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
F
Guru atau murid membacakan sebuah cerita dengan
nyaring dan lancar dengan memperhatikan tanda baca.
Bahasa Indonesia
F
Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
F
Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
F
Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menjawab
pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan.
F Siswa ditugasi
mendiskusikan suatu permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu
keputusan atas kesepakatan bersama.
F Siswa dapat
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
F Guru mengambil sebuah
kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membaca secara
bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar
serta nyaring.
F Mengambil intisari
dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan
bacaan tersebut.
F Guru membacakan dan
menyanyikan kakawihan yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
F Siswa dapat mengambil
intisari dari isi kakawihan tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir,
guru:
F Penilaian pekerjaan
siswa secara tertulis.
F Tanya jawab materi
yang telah disampaikan.
F Pemberian tugas (PR,
Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN). 5 x 35 ‘
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Membaca do’a dan
mengabsen siswa.
F Merapihkan tempat
duduk.
F Mengadakan pre test
materi yang telah disampaikan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membagi beberapa
kelompok (5 orang /kelompok).
F Siswa maju ke depan
untuk menerima pesan beraantai dari guru.
F Siswa menuliskan
pesan tersebut (dilakukan sampai habis kelompok).
F Guru memberikan
kesimpulan sebagai penguatan dan melakukan penilaian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru mengadakan
sebuah diskusi untuk membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
F Siswa mengikuti
diskus tersebut dengan harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang
lain dan menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara
terbanyak dalam suatu diskusi.
F Guru menyimpulkan
hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membacakan
sebuah dongeng dengan lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
F Tanya jawab sekitar
dongeng yang dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan
karakter dalam dongeng tersebut.
F Siswa ditugaskan
untuk membuat dongeng atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir,
guru:
F Penilaian hasil kerja
siswa baik per kelompok maupun perorangan.
F Pemberian tugas
dan portofolio.
Pertemuan ketiga
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Berdo’a dan mengabsen
siswa.
F Bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan
diajarkan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menulis kalimat
dengan menggunakan huruf cetak.
F Siswa menyalin
kalimat tersebut kedalam huruf tegak bersambung.
F Penilaian hasil
pekerjaan siswa dengan memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
F Bercerita yang ada
hubungan dengan sikap lapang dada.
F Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya
jawab untuk mengungkapkan pendapatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan
nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
F Menceritakan akibat
yang dirasakan dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari.
F Mengisi skala sikap
yang diberikan guru.
F Guru memberikan
contoh cara memperkenalkan diri.
F Siswa mempraktekan
cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Siswa membuat
percakapan dengan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Guru menilai hasil kerja siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Mengadakan tanyajawab
sekitar materi yang telah disampaikan.
F Memberikan penilaian
hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah
dilakukan siswa.
F Memberikan tugas atau
PR
V. Alat dan Sumber belajar
F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa
Indonesia, PKN.
F Buku sumber lain yang
dapat menunjang proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Bahasa
Indonesia
PKN
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay,
skala sikap, portofolio
|
·
Salin ke
dalam hurup sambung
-
Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua.
- Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst.
- Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
- Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst.
- Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”.
Dodi : “ saha namina ?.
Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”.
Dodi : “………………….”.
Arman : “…………………..”.
|
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
SAPTARIAH, S.Pd
NIP.
|
|
Jakarta Januari 2014
Guru Kelas II
DARMIATI UMAR
SINGGIH, S.Pd
NIP. 1971 0813 1994
1120 02
|